Senin, 26 Maret 2012


Bagi anda wanita pasti tidak asing dengan istilah keputihan, ya memang masalah yang satu ini sudah wajar bagi kaum wanita. Tapi bagaimana cara untuk mengatasinya? Lalu bagi yang belum pernah mengalami gejala apa yang timbul karena keputihan? Untuk itu disini kami akan bahas pertanyaan-pertanyaan tersebut dan untuk tambahannya kami akan bahas pula mengenai tips untuk mencegah keputihan. Bagi anda yang mengalami keputihan sebaiknya perlu penanganan langsung dan jangan dianggap remeh tentang keputihan tersebut, sebab keputihan tersebut dapat menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya.

Gejala keputihan

Untuk gejala keputihan sendiri pada umumnya akan keluar cairan seperti lendir dari bagian vagina namun keputihan sendiri ada dua jenisnya yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis.
Keputihan fisiologis : merupakan keputihan dengan ditandai datang pada masa subur yang pada umumnya datang setlah haid atau sebelum haid. Selain itu keputihan yang ini berlendir bening namun tidak berbau.
Keputihan patologis : merupakan keputihan yang dikarenakan oleh infeksi pada vagina hal ini disebabkan oleh virus maupun jamur. Untuk keputihan yang ini akan ditandai dengan keluarnya lendir dari vagina namun berwarna putih susu atau hijau kekuning-kuningan selain itu lendir tersebut juga berbau bahkan jika keputihan tersebut menjadi parah akan keluar lendir yang bercampur dengan darah.

Mengatasi keputihan

Sedangkan untuk mengatasinya sebaiknya gunakan obat-obat yang banyak dijual di apotik namun adakalanya anda harus selektif dan sebaiknya carilah obat yang cocok bagi anda sebab dari beberapa jenis obat belum tentu cocok buat anda. Selain itu ada juga obat tradisional yang mungkin dapat anda coba.
- Rebus 30 gram kulit delima kering dengan 30 gram sambiloto dalam 600 cc air hingga hanya tersisa 300 cc saja. Setelah itu, air ramuan dari hasil rebusan tadi diminum secara hangat-hangat, untuk hasil yang baik sebaiknya knsumsi secara teratur sehari dua kali.
- Ambil daging lidah buaya dengan mengelupas kulit luarnya lalu buat juz dari daging tersebut. Jika sudah rebus hasil juz dari lidah buaya tersebut bersama sambiloto dan sirih secukupnya. Setelah mendidih tunggu hingga dingin jika sudah gunakan hadil rebusan tadi untuk membersihkan vagina.
- Rebus 15 gram bunga jengger ayam yang sudah kering, 15 gram sambiloto kering dan 10 lembar daun iler segar dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Jika sudah dingin hasil rebusan tersebut disaring lalu diminum sebelum makan. Untuk ampasnya sebaiknya jangan dibuang sebab masih ada kandungannya lagi dengan cara merebusnya ulang lalu diminum pada sore hari.

Mencegah keputihan

Untuk masalah mencegah timbulnya penyakit ini sebetulnya mudah cuma hidup dengan pola hidup sehat dan kebersihan, namun kebanyakan orang menyepelekan hal ini atau karena tuntutan pekerjaan yang kadang melupakan kondisi kesehatan anda. Sebaiknya berilah perhatian yang khusus bagi kesehatan anda, untuk tips dari kami yaitu :
- Hindari kebiasaan menggaruk vagina
- Hindari berganti-ganti pasangan dalam hubungan intim
- Hindari toilet umum dengan air bak kotor (sebaiknya gunakan air mengalir)
- Mengganti celana minimal 2 kali sehari
- Segera ganti pembalut jika sudah kotor
- Selalu jaga kebersihan daerah kewanitaan
- Rubahlah pola hidup anda menjadi pola hidup sehat
- Konsumsi makanan-makanan yang sehat sepert sayuran dan buah
- Olahraga teratur
- Hindari bertukar pakaian dalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar