Sabtu, 07 April 2012

ASI EKSKLUSIF


Namun kebanyakan orang berlomaba-lomba untuk memenuhi kebutuhan anak secara materi... dengan banyak mencari uang,,,, hingga tanpa sadar menelantarkan buah hati yang mereka idam-idamkan bersama nenek, baby suster, pembantu, atau orang lain,,,, tahukan ibu????? Bahwa bayi akan merasa nyaman bersama orang yang dekat dengan mereka, orang pertama yang ia lihat saat membuaka mata selepas ia tidur.... ya ibarat anak itik dan ayam betina yang  mengeraminya saat dia masih berbentuk telur, saat telur itu retak dan itik mulai keluar dari cangkang,,, begitu membuka matanya kata yang diucapkannya adalah “cik...” yang berarti ibu , sebutan untuk sang betina yang kemudian akan mendorong anak itik tersebut ke belakang sayapnya untuk dihangatkan,,,,,
Begitu juga seharusnya kita, jika sudah menyandang peran ibu, jika janin yang kita kandung selama 40 minggu lahir,,, harusnya seketika itu juga kita lakukan IMD alias Imunisasi Menyusui Dini dengan menaruh bayi di dada ibu untuk kemudian biarkan sang bayi sendiri berusaha untuk yang pertama kali mencari makan didunia,,, “hehehheehehe”  yach anggap saja itu salah satu adapatasi perubahan internal ke eksternal, jadi nggak cuman perubahan gastrointestinal, respirasi, integumen, termogulasi, imun, hemodialisis, metabolisme, tapi harus ada juga perubahan mendapatkan makanan dengan usaha sendiri sehingga jika sibayi kelak dewasa dapat menjadi anak bangsa yang mandiri... itu salah satu manfaat tersirat IMD lho....
Eeeiiiittt........ tidak cukup sampai disini saja lho.... setelah dilakukan IMD kira-kira 1 jam.... biarkan bayi bersama petugas kesehatan untuk dilakukan perawtan bayi baru lahir seperti membersihkan bayi dari lanugo (lemak bayi), melakukan pengukuran antropometri (BB,  TB, LK, LD, LP, LILA), hangatkan bayi, beri vit. K, salep mata....
Setelah itu tugas anda sebagai seorang ibu baru dimulai,,, diawali dengan latihan menyusui bayi hingga melakukan program ASI eksklusif. Sudah tidak asing lagi kan dengan program pemerintah yang satu ini????
ASI Eksklusif (menyusui dengan ASI saja sampai bayi berumur 6 bulan) merupakan nutrisi bagi bayi berupa air susu ibu tanpa memberikan makanan tambahan, cairan, ataupun makanan lainnya, hingga berumur 6 bulan.
Penelitian terbaru menunjukkan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif akan tumbuh menjadi anak yang lebih pintar dalam membaca, menulis dan matematika.
Dilansir Daily Mail, penelitian tersebut dibuat oleh Oxford University dan Institute for Social and Economic Research. Ada lebih dari 10 ribu anak yang menjadi responden penelitian itu.
Dalam penelitian itu, peneliti melihat skor tes murid-murid yang dulu mendapatkan Asi eksklusif sampai usia mereka 4 minggu dan dibandingkan dengan murid-murid yang diberi susu formula sejak baru lahir.
Menurut hasil penelitian tersebut, bayi yang mendapatkan Asi eksklusif akan tumbuh menjadi anak yang lebih pintar. IQ bayi ASI lebih tinggi 3-5 poin ketimbang yang tidak disusui.
Begitu hebatnya Asi eksklusif bukan???, efeknya langsung terlihat pada bayi yang baru empat minggu disusui ibu. Berdasarkan penelitian tersebut efek bayi Asi eksklusif terlihat saat anak duduk di sekolah dasar. Anak yang waktu bayi mendapat ASI eksklusif, lebih pintar membaca, menulis dan matematika di usia 5, 7, 11 dan 14 tahun.
Salah satu peneliti, Maria Iacovou menjelaskan, asam lemak rantai panjang (long-chain fatty acids) yang terkandung di dalam ASI membuat otak bayi berkembang. Tak hanya itu, menyusui juga membuat ikatan antara ibu dan anak lebih kuat.
Manfaat ASI:

§   Manfaat Bagi Bayi :
a.    Komposisi yang sesuai, meliputi : lemak, karbohidrat, protein, garam, mineral dan vitamin.
b.    Adanya zat antibodi dalam ASI.
c.    ASI tidak menimbulkan alergi
d.    ASI mengurangi gigi berlubang
e.    ASI mengurangi  maloklusi (perubahan pada rahang)
f.     Menjalin kasih sayang ibu dan anak

§   Manfaat bagi ibu
  1. Menyusui merangsang rahim mengecil sehingga mengurangi perdarahan.
  2. Menyusui menjarangkan kehamilan
  3. ASI tidak perlu dibeli.
  4. Menyusui akan menimbulkan rasa dibutuhkan dan rasa bangga bagi ibu
  5. Ibu cepat langsing
   Manfaat bagi keluarga
  1. ASI tidak merepotkan
  2. ASI mengurangi pengeluaran
 
§   Manfaat bagi negara
  1. ASI menurunkan Angka Kematian dan Kesakitan Anak.
  2. ASI menguarangi subsidi biaya perawatan ibu dan anak
  3. ASI mengurangi devisa untuk pembelian susu formula
  4. ASI meningkatkan kualitas generasi penerus.

Jika anda sebagai ibu (wanita karir), tentu anda berpikir “bagaimana bisa saya melakukan ASI aksklusif? Sedangkan pekerjaan saya sudah menumpuk, lagipula apakah saya harus membawa bayi saya ke tempat kerja??? Atau apakah mungkin saya cuti sampai 6 bulan???? Itu sangat tidak mungkin..........”
Itulah problem utama untuk mencapai keberhasilan ASI eksklusif.... tapi ibu tidak perlu khawatir karena ASI eksklusif bila dilakukan dengan berbagai cara :
a.     Siapkan pengasuh bayi
b.      Berlatihlah memerah ASI sebelum ibu bekerja kembali. ASI yang diperah dapat dibekukan untuk persediaan / tambahan apabila ibu mulai bekerja. ASI beku dapat disimpan antara 1-6 bulan, bergantung dari jenis lemari es nya. Di dalam lemari es dua pintu ASI beku dapat disimpan lebih dari 3 bulan.
c.      Latihlah pengasuh bayi untuk terampil memberikan ASI perah dengan cangkir.
d.     Hindari pemakaian dot/empeng karena kemungkinan bayi akan menjadi “bingung puting”.
e.      Susuilah bayi sebelum ibu berangkat bekerja, dan pada sore hari segera setelah ibu pulang, dan diteruskan pada malam hari.
f.       Selama di kantor, perah ASI setiap 3-4 jam dan disimpan di lemari es, diberi label tanggal dan jam ASI diperah. ASI yang disimpan dalam lemari es pendingin dapat bertahan selama 2×24 jam. ASI perah ini akan diberikan esok harinya selama ibu tidak di rumah. ASI yang diperah terdahulu diberikan lebih dahulu.
g.      ASI yang disimpan di lemari es perlu dihangatkan sebelum diberikan kepada bayi dengan merendamnya dalam air hangat. ASI yang sudah dihangatkan tidak boleh dikembalikan ke dalam lemari es. Maka yang dihangatkan adalah sejumlah yang habis diminum bayi satu kali.
h.     Apabila ASI yang diperah kemarin tidak mencukupi kebutuhan bayi sampai ibu kembali dari bekerja, dapat digunakan ASI beku yang sudah disiapkan sebelumnya. ASI beku ini kalau akan diberikan harus ditempatkan di lemari es pendingin supaya mencair dan harus digunakan dalam 24 jam.

Nah..... bagaimana praktiskan??? Jadi ibu tetap bisa bekerja dan sang buah hati juga mendapatkan nutrisi yang maksimal.... jadi kasih sayang yang anda curahkan pada sang buah hati sudah lengkap rasanya, tidak hanya memberikan kasih sayang materi saja.
Selamat mencoba.... semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar